Manajemen Perawatan Alat Berat yang Benar

Manajemen Perawatan Alat Berat yang Benar

Tahukah kamu bagaimana cara meraawt alat berat yang benar? ASat penting mengetahui manajemen maintenance alat berat. Karena hal ini terkait langsung terhadap keawetan benda tersebut.

Produktivitas pabrik atau perusahaan ditentukan oleh alat ini. Oleh sebab itu, perawatannya perlu dilakukan secara rutin.

Jika kita tak rutin merawatanya, maka performa alat berat ini bisa menurun. Lebih parahnya lagi jika sampai alat tersebut mengalami kerusakan. Tentu ini bisa mneyebabkan kerugian baik berupa biaya maupun waktu.

Lalu bagaimana cara merawat alat berat secara benar? Ikuti tips berikut ini yang disampaikan oleh Sewatama, penyedia solusi kelistrikan di Indonesia yang juga melayani masalah maintenance alat berat. Untuk tahu lebih jauh mengenai Sewatama, bisa simak di http://sewatama.com/id/product/operations-and-maintenance/

Hal pertama yang perlu dilakukan saat maintenance alat berat adalah perencanaan. Pada tahapan ini dibuat jadwal kapan seharusnya alat berat ini dirawat, dan apa saja yang perlu dilakukan pada setiap jadwal servis tersebut.

Setelah jadwal dibuat, perlu diterapkan ditetapkan juga siapa yang akan melakukan perawatan pekerjaan ini. Tentu perusahaan perlu mengangkat teknisi khusus yang kompeten untuk masalah ini. Atau jika tak ingin repot, bisa juga melakukan outsource dengan memberikan pekerjaan untuk me-maintenance alat berat ke perusahaan yang terbiasa menanganinya.

Tahap selanjutnya adalah kontroling. Selain dari teknisi yang bertugas di lapangan, dari pihak manajemen harus ada yang melakukan control untuk memastikan waktu dan jadwal maintenance tersebut dipatuhi. Tujuannya tentu agar alat tersbeut bisa menjalani maintencnce dengan tepat.

Pada tahap maintenance ini, tugas teknisi adalah untuk mengecek dan mendeteksi alat berat guna memastikan alat tersebut berfungsi secara normal.

Jika misalnya ada problem atau gejala yang “aneh”, maka sejak awal teknisi pun bisa langsung mengetahuinya dan segera mencari solusinya. Makin dini gejala kerusakan diketahui, maka makin cepat proses penanganan bisa dilakukan sehingga alat berat pun bisa selalu siap untuk digunakan.

Keuntungan dengan melakukan perawatan alat berat secara rutin adalah untuk mengurangi potensi kerugian karena alat berat yang cepat rusak. Selain itu biaya operasional pun menjadi tetap efisien karena biaya untuk menjalankan alat berat ini seperti seharusnya. Dan yang terpenting adalah alat berat ini berproduksi secara optimal.

Itulah beberapa manfaat menjalankan maintenance alat berat secara rutin dan berkala. Jadi pastikan selalu aset-aset alat berat yang dimiliki perusahaan selalu dikelola dan dirawat dengan baik.